News
Panorama Kaji Emisi Obligasi Rp 400 Miliar
Panorama Kaji Emisi Obligasi Rp 400 Miliar

Selasa, 24 Juni 2014 | 18:00 Jakarta – Perusahaan jasa bidang pariwisata, PT Panorama Sentrawisata Tbk (PANR), sedang mengkaji penerbitan obligasi senilai maksimal Rp 400 miliar. Sesuai rencana, sebagian dana akan digunakan untuk belanja modal (capital expenditure/capex) 2014.

Direktur Keuangan Panorama Daniel Martinus mengungkapkan, pihaknya memiliki waktu hingga pertengahan tahun depan untuk melakukan emisi.

“Kemungkinan akan kami tunggu hingga pemilu 9 Juli 2014 usai,” kata Daniel saat pemaparan publik di Jakarta, Selasa (24/6).

Perseroan, kata dia, juga tengah mengkaji jumlah obligasi yang akan diterbitkan.

Menurut catatan Investor Daily, surat utang yang tengah dikaji perseroan merupakan bagian dari Penawaran Umum Berkelanjutan (PUB) Obligasi I Panorama Sentrawisata senilai total Rp 500 miliar.

Panorama Sentrawisata telah menerbitkan satu seri obligasi tahap I sebesar Rp 100 miliar pada 2013. Dengan demikian, perseroan memiliki sisa obligasi sebanyak Rp 400 miliar.

Pada tahap pertama, obligasi memiliki tingkat bunga tetap 11,5% per tahun dengan tenor 5 tahun.

Lebih jauh, Daniel mengungkapkan, belanja modal yang dianggarkan Panorama Sentrawisata pada tahun ini mencapai Rp 429 miliar. Jumlah ini tumbuh 43% dibandingkan capex tahun lalu sebesar Rp 300 miliar.

“Selain mengandalkan pendanaan dari pasar modal (obligasi), kami juga ada kombinasi pinjaman dari bank serta kas internal,” jelas dia.

Menurut Daniel, sekitar 50% atau Rp 214,5 miliar dari kebutuhan capex akan berasal dari perbankan. Adapun sisanya dari obligasi serta kas internal.







Recent Update