Corporate Release
RUPST Panorama Destination (PDES) 2018
Destinasi (PDES) Bukukan Kinerja Positif Pada Tahun 2017

Jakarta, 2 Mei 2018. PT. Destinasi Tirta Nusantara Tbk. (PDES) mencatatkan kinerja yang positif sepanjang 2017. Hal ini diungkapkan saat Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang dilaksanakan di Jakarta pada Rabu, 2 Mei 2018. Laba kotor Perseroan mengalami peningkatan 25,9% senilai Rp 143,2 miliar pada tahun  2017.

Pada RUPS tersebut telah disetujui laporan tahunan Perseroan yang melaporkanpendapatan selama tahun 2017 sebesar Rp 507,9 miliar, meningkat tipis sebesar 0,95% dibandingkan tahun sebelumnya, meski Laba Bersih peningkatan sebesar 14.3% senilai Rp 29,5 miliar dari 25,8 miliar pada tahun 2016. Pada tahun ini Perseroan tidak membagikan dividen kepada para pemegang sahamnya.

Perseroan menghadapi tantangan di kuartal 4/2017karenakejadian erupsi Gn. Agung di Bali yang menyebabkan penutupan Bandara Internasional Ngurah Rai Baliselama 3 hari di penghujung November 2017. Kejadian ini memberikan pengaruh cukup besarbagi kinerja Perseroan. Pencapaian target Perseroan dalam mendatangkan wisman hanya mencapai 84%  atau sejumlah 161,8 ribu wisatawan mancanegara, dibandingkan target yang ditentukan di awal tahun sebanyak 180 ribu wisman. Namun demikian Perseroan tetap optimis dengan memasang target pertumbuhan diatas 20% untuk tahun 2018 ini.

Perseroan saat ini dalam proses penjajakan untuk menjadi pemain pariwisata pada sektor regional di kawasan ASEAN. Kawasan ASEAN selama ini memang memiliki pertumbuhan positif di sektor pariwisata berkat keterbukaan antar-negara dan tumbuhnya ekonomi di negara-negara anggota ASEAN. Beberapa negara yang dalam tahap penjajakan antara lain Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Awal tahun 2018 ini Perseroan juga membuka kantor operasional manajemen baru di Cengkareng Business City yang berdekatan dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Hal ini dilakukan dalam rangka peningkatan kecepatan Perseroan dalam menangani kedatangan wisman di seluruh gerbang masuk Indonesia.

Sebagai perusahaan yang memegang komitmen atas Pariwisata Berkelanjutan, Perseoan pada tahun 2017 berhasil mendapatkan sertifikasi sebagai Partner (Mitra) dari Travelife di Indonesia. Travelife sendiri merupakan badan internasional yang mensertifikasi perusahaan dalam pelaksanaan pariwisata yang menjaga keseimbangan alam, sosial, budaya dan lingkungan.

Perseroan juga terus bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam rangka mencapai target 17 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2018, salah satunya melalui keikutsertaan Perseroan dalam pengembangan produk bagi para supporter Asian Games, peserta IMF World Bank Annual Meeting di Bali, serta program Visit Wonderful Indonesia 2018.







Recent Update